Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

September 12, 2024

Hal Sederhana Untuk Menjaga Keamanan Dompet Digital


Ilustrasi Keamanan Dompet Digital


Dompet digital semakin banyak digunakan karena sangat membantu urusan jadi praktis, cepat dan mudah.

Kebutuhan akan fasilitas yang berhubungan  keuangan yang semakin meningkat akan mendorong teknologi keuangan digital semakin canggih dan instant. Seperti misalnya dompet digital yang kini semakin banyak digunakan karena sangat membantu, urusan jadi praktis, cepat dan mudah. Dengan demikian, aktivitas jadi lancar karena menghemat waktu, cukup transaksi dari smartphone semua urusan jadi terselesaikan dalam hidungan menit.

Dompet Digital Semudah Bertransaksi

Hari gini masih transaksi dengan uang fisik! Buat sebagian orang yang tidak mau ribet dan pengen praktis sudah tidak zaman ya. Di era serba digital dengan segala kemudahan saat ini, Transaksi digital secara nontunai atau dompet digital (e-wallet)  sudah menjadi lifestyle bertransaksi kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa terlepaskan. Mulai dari bayar tagihan, belanja online, hingga kirim uang semua bisa dilakukan dengan mudah. 

Terlebih jika dalam keadaan darurat misal malam-malam token listrik bunyi karena lupa isi, ada yang minta dibeliin pulsa, minta di transfer uang, dan lain sebagainya, bahkan sampai hal terkecilpun ketika yang dirumah sedang masak minta dibayarin buat beli kebutuhan dapur  sudah menggunakan transaksi online. Jadi, yang biasanya suka terganggu sama hal hal kecil seperti ini, sekarang jadi terbantu dengan adanya dompet digital (e-wallet) ini.

Tetapi, dibalik kemudahan ada risiko yang harus kita waspadai seperti misalnya penipuan online dan judi online. Banyak kasus dari kejahatan online yang terjadi sekarang-sekarang ini, sering dengar dengan kasus masuknya pesan singkat dengan tawaran yang menggiurkan yang tidak masuk logika, pokoknya jangan langsung percaya selain dari situs resmi. 

Dunia digital yang semua serba terhubung, untuk itu kita harus ekstra hati-hati dan waspada juga dengan identitas seperti KTP yang bisa saja disalahgunakan oleh para pelaku untuk membuka akun baru atau transaksi ilegal. Mungkin sebagian besar dari masyarakat pernah atau sering menerima pesan telepon, email atau sosial media dengan penipuan sebagai pelayanan pangan palsu yang  sering menyamar sebagai pihak bank atau e-wallet dengan berpura-pura ingin membantu menyelesaikan masalah, tetapi tujuan mereka hanya ingin mendapatkan informasi pribadi atau detail akun kita.  Setelah mereka mendapatkan akses, saldo di akun kita bisa habis dalam sekejap.

Ilustrasi transaksi digital

Ada juga modus phishing, di mana penipu mengirimkan email atau pesan WhatsApp yang terlihat resmi, tapi sebenarnya adalah upaya untuk mencuri informasi login atau data pribadi kita. Karena itu, kita harus ekstra hati-hati.

OJK ( Otoritas Jasa Keuangan) 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berbagai bank serta platform e-wallet seperti BCA, Mandiri, DANA, dan OVO sudah sering mengingatkan kita tentang bahaya penipuan online ini. Mereka juga telah menerapkan berbagai langkah keamanan seperti verifikasi dua langkah (2FA) dan notifikasi transaksi real-time. Namun, pada akhirnya, keamanan finansial kita ada di tangan kita sendiri.

Ilustrasi Dompet Digital

Beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga keamanan digital antara lain:

1. Waspada dengan tawaran yang terlalu bagus untuk jadi kenyataan

2. Menjaga kerahasiaan pribadi

3. Mengaktifkan verifikasi dua langkah (2FA) pada akun kita. 

Dan jangan lupa untuk rutin memeriksa transaksi, hati-hati terhadap layanan pelanggan palsu, dan selalu pastikan informasi yang kita terima berasal dari sumber resmi.

Perlu diingat juga bahwa keamanan digital adalah tanggung jawab bersama. Meski platform keuangan terus meningkatkan sistem keamanan mereka, tanpa partisipasi aktif dari kita sebagai pengguna, semua upaya itu tidak akan maksimal. Mari kita bersama-sama lebih waspada dan bijak dalam menggunakan teknologi keuangan digital agar kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terlindungi dari berbagai ancaman penipuan online.

Kemajuan teknologi harus diimbangi dengan kesadaran kita semua untuk tidak menyalahgunakan yang bisa berpotensi merugikan orang lain. Karena kita sama-sama merasakan banyak manfaat dari teknologi keuangan seperti dompet digital ini supaya mobilitas lancar, aman dan berkualitas. ***

Salam Dompet Digital



0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus