Lifestyle, Tekno, Otomotif, Kuliner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

September 08, 2024

Wedding Batak Exhibition 2024 Inspirasi Keragaman Budaya Indonesia


Wedding Batak Exhibition 2024

Beragam unik dan menarik semua adat dan budaya di Indonesia, salah satunya suku Batak. Pernah Beberapa kali hadir di pesta Batak saudara istri membuat saya tertarik dan ingin mengenal adat dan budaya Batak.

Sabtu 7 September 2024, bertempat di Smesco, Convention Hall, Jakarta dapat pengalaman baru di Wedding Batak Exhibition 2024, kami yang berada disana seperti belajar tentang sejarah secara khusus mengulas kebudayaan Batak.

Opening Ceremony yang dengan diawali sambutan tarian pendamping pengantin semakin menambah kental hadirnya pesta Batak ditengah-tengah kami. Maka dari itu menurut Kak Martha Simanjuntak selaku Project Director WBE 2024 dan founder dari Chathaulos yang menyatakan bahwa acara ini bertujuan lebih dari sekedar pameran.

"Platform yang dirancang untuk mempertemukan para vendor pernikahan Batak dan nasional dengan calon mempelai, sekaligus memberi ruang bagi talenta-talenta muda untuk menampilkan keterampilan dan kreativitas mereka dalam fashion, musik, dan tarian tradisional Batak."

Kak Martha pun menambahkan, " kami ingin mengangkat UKM ekonomi kreatif yang bergerak di berbagai sektor pendukung serta melestarikan dan memperkenalkan budaya Batak kepada masyarakat luas."

Tidak hanya itu, Wedding Batak Exhibition 2024 juga mengusung misi budaya yang lebih besar. Acara ini diharapkan menjadi gerakan budaya untuk mempertahankan identitas bangsa melalui budaya Batak.

Hongkia Doni Silalahi bersama Istri

Lalu dilanjutkan sambutan dari founder Helaparumaen sekaligus Program Director WBE 2024, Hongkia Doni Silalahi bersama Istri, 

Menyampaikan " Wedding Batak Exhibition merupakan pameran pernikahan vendor Batak pertama di Indonesia. bahwa acara Ini menghadirkan beragam kegiatan menarik, termasuk pameran budaya, fashion show, talk show, konser musik, dan kompetisi make-up artist (MUA). "

Semua ini dirancang untuk menyoroti talenta-talenta muda dan memberikan panggung bagi mereka untuk bersinar, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih mengenal dan menghargai budaya Batak secara mendalam

Founder Helaparumaen ( kiri) dan Chathaulos ( kanan) 

Acara Wedding Batak Exhibition 2024 ini merupakan inisiasi dua organisasi ( Helaparumaen dan Chathaulos) yang berdedikasi untuk melestarikan dan mempromosikan budaya Batak.

Keduanya berkomitmen untuk menyediakan platform bagi masyarakat Batak dan masyarakat luas untuk belajar, menghargai, dan merayakan budaya dan tradisi Batak. 

WBE 2024 ini menghighlight 5 budaya Batak utama yakni ( Simalungun, Toba, Karo, Mandailing dan Pakpak), bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan tradisi pernikahan Batak yang unik dan beragam.

Batak Untuk Indonesia

Acara WBE2024 sudah diperkenalkan kepada masyarakat jauh-jauh hari salah satunya saat CFD di Sarinah dengan keseruan berbagai kegiatan lomba kepada masyarakat luas sambil berolahraga dengan menggemakan tagline "Batak untuk Indonesia"  menegaskan bahwa budaya Batak dengan segala tradisi, adat, dan nilai-nilainya berkontribusi signifikan dalam memperkaya keragaman budaya Indonesia. 


Tenant-Tenant WBE 2024

Melalui pameran ini yang berlangsung selama dua hari tanggal 7 dan 8 September 2024 bertempat di SMESCO Convention Hall Jakarta, diharapkan masyarakat luas dapat melihat bahwa budaya Batak tidak hanya relevan bagi masyarakat Batak sendiri, tetapi juga mampu memberikan inspirasi dan nilai-nilai yang dapat diapresiasi oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

"Ini adalah kesempatan emas bagi kami untuk menyatukan budaya Batak dalam konteks kebangsaan yang lebih luas," tambah Martha. 

"Kami ingin menunjukkan bahwa setiap budaya daerah memiliki peran penting dalam membangun identitas nasional yang beragam dan inklusif."

Smesco Convention Center Jakarta

Semoga dengan acara WBE 2024 selain memperkenalkan budaya Batak pada khususnya sekaligus menjadi harapan bersama yakni menjadi gerakan budaya untuk mempertahankan identitas bangsa melalui budaya Batak, Dengan begitu masyarakat luas menjadi lebih aware lagi dengan keragaman budaya yang kita miliki terutama anak-anak muda. 

Salam Batak untuk Indonesia. ***


0 komentar:

Posting Komentar

T'rimks sudah mampir ke postingan ini semoga bermanfaat dan berguna. Jangan lupa juga tinggalin jejak di kolom komentarnya ya, semoga bisa menjalin silaturahmi.

Tunggu postingan selanjutnya yang makin bermanfaat dan aktual.

Salam, @cidyrus